Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan

Vaksin



Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan. Vaksin di sebut sebagai produk bioteknologi karena B. proses pembuatannya melalui teknik rekayasa genetika dengan memanfaatkan bakteri.


Pembahasan Bioteknologi Vaksin

Bioteknologi adalah “perpaduan ilmu dari pengetahuan alam (Bio) dan ilmu rekayasa yang bertujuan meningkatkan penggunaan mikro organisme, sel, bagian dari makhluk hidup, atau molekuler untuk menghasilkan produk dan jasa. Salah satu produk yang dihasilkan dari ilmu bioteknologi ini adalah Vaksin.  


Kita ambil contoh dari Vaksin tetanus. Tetanus ini merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman atau bakteri Clostridium tetany. Jadi vaksin tetanus ini terbuat dari sediaan toksin tetanus (rekayasa genetika) yang dilemahkan.


Jadi cara kerjanya adalah  memasukkan antigen lemah (toksin tetanus yang telah dilemahkan) agar merangsang antibodi keluar sehingga imun tubuh dapat bekerja. Kemudian sistem imun tubuh mempunyai suatu sistem memori (daya ingat), ketika vaksin masuk dalam tubuh, maka akan dibentuk antibodi untuk melawan vaksin tersebut dan sistem memori akan menyimpannya sebagai suatu pengalaman. Jika di kemudian hari tubuh terpapar oleh antigen yang sama (bakteri Clostridium tetany) maka antibodi akan tercipta lebih cepat dan banyak.


Adapun hasil produksi bioteknologi lainnya yang memanfaatkan aktivitas mikroorganisme yaitu :

1. Bioteknologi pembuatan vaksin 

Dengan memanfaatkan aktivitas mikroorganisme berupa bakteri yang telah dilemahkan.

2. Bioteknologi dalam proses pembuatan tape 

Mikroorganisme yang digunakan adalah jamur berupa Endomycopsis fibuligera, Rhizopus oryzae, ataupun Saccharomyces cereviceae.

3. Bioteknologi dalam pembuatan yoghurt 

Pembuatan yoghurt ini memanfaatkan aktivitas mikroorganisme bakteri berupa Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus termophillus.

4. Bioteknologi penghasil obat antibiotik 

Contohnya yaitu pada penicilin yang juga memanfaatkan mikroorganisme berupa jamur Penicillium.




Leukosit bertindak sebagai patroli dalam tubuh kita adalah basofil, neutrofil, eosinofil dan monosit. Antara patroli, monosit adalah kekuatan yang paling "pria tangguh". Jika dalam gambar ada Naruto bisa menjadi modus Sage. Dalam tubuh kita, monosit bisa menjadi makrofag (mode pertempuran monosit) yang bisa menelan dan mencerna mikroorganisme dan pembawa penyakit racun. Menelan dan pencernaan proses mikro disebut fagositosis. Satu makrofag bisa memukul dan makan hingga 100 zat-zat asing. Dapat semua!



Belum ada Komentar untuk "Vaksin merupakan salah satu produk bioteknologi dalam bidang kesehatan"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
(Mengandung kata kasar atau SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......