Contoh alat musik ritmis melodis dan harmonis beserta gambarnya


Alat musik merupakan suatu alat yang dapat menghasilkan suara. Alat musik ini mempunyai banyak sekali jenisnya, pada alat musik terlihat bahwa ada alat musik yang bisa mengeluarkan nada seperti piano, gitar, harmonika, seruling dan lain lain. Tetapi ada juga alat musik yang tidak bisa menggeluarkan nada seperti tamborin, drum, kendang, rebana dan lain lain. Pada dasarnya alat musik ini dibagi menjadi 3 yaitu :

  • Alat Musik Ritmis
  • Alat Musik Melodis
  • Alat Musik Harmonis


Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis

Alat musik ritmis adalah suatu alat musik yang digunakan untuk mengatur tempo dan ritme pada sebuah lagu. Seperti namanya yaitu alat musik ritmis atau ritme. Alat musik ritmis ini yang paling populer digunakan adalah Drum. Ciri dari alat musik ritmis ini adalah tidak bisa menggunakan nada. Akan tetapi pada dasarnya alat musik ritmis ini mempunyai banyak sekali varian diantaranya sbb :

  1. Drum
    Drum ini identik dengan alat musik di sebuah band. Drum ini digunakan untuk mengatur tempo dan ritme pada sebuah lagu yang dimainkan. 

  2. Tamborine
    Alat musik ritmis ini biasa dimainkan dengan digoyangkan. Ciri dari alat musik ini adalah bunyi-nya yang gemerincing. Alat musik ini ada yang terbuat dari besi ada juga yang dari plastik.

  3. Kendang
    Kendang ini merupakan salah satu alat musik khas dari indonesia.Alat musik ini biasanya identik dengan musik dangdut. Kendang ini terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutup kulit sapi. Akan tetapi musik kontemporer juga sudah menggunakan alat musik ini sebagai pengiringnya.Cara memainkan kendang adalah dipukul bagian kulit atau yang sering disebut sebutan kendang.

  4. Tifa
    Tifa ini merupakan salah satu alat musik khas indonesia timur seperti papua dan maluku. Alat musik ini biasanya dimainkan pada upacara tradisional masyarakat papua dan maluku sebagai pengiring tarian khas suku di sana. Alat musik ini terbuat dari kulit dan kayu. Untuk cara memainkannya sama seperti kendang dimana kita memukul bagian kulitnya.

  5. Rebana
    Rebana ini identik sebagai alat musik ritmis khas tanah Melayu. Alat musik ini sering jadi pengiring lagu-lagu religi melayu ber-tema islam. Rebana ini memiliki bentuk mirip dengan kendang versi kecil dengan bagian kulit yang besar dan keras. Cara memainkannya sama seperti kendang yaitu dengan dipukul pada bagian kulitnya.

  6. Kastanyet
    Alat musik ritmis yang satu ini memiliki bentuk yang cukup unik yaitu seperti kerang mini. Cara memainkan kastanyet ini juga cukup unik yaitu dengan cara menepuk-kan dua sisinya seperti orang tepuk tangan. 

  7. Simbal
    Simbal ini mempunyai dua variasi yaitu simbal yang dipukul dan simbal tangan. Simbal pukul sendiri biasanya terdapat dalam suatu set drum. Kemudian simbal yang di tangan dimainkan dengan cara menyatukan dua sisi-nya.

  8. Marakas
    Alat musik yang satu ini biasa digunakan sebagai pengiring lagu lagu yang bisa membuat badan bergoyang karena bunyinya yang meriah.Marakas ini mempunyau bentuk seperti permen lollipop besar. Alat musik ini punya pegangan serta bola besar di atasnya yang berisi bola kecil sehingga ketika digoyangkan akan mengeluarkan bunyi.

  9. Timpani
    Timpani, ini merupakan alat musik ritmis dari Eropa yang sudah ada sejak abad ke-15. Alat musik ini biasa digunakan pada upacara keagamaan sakral di eropa sana. Bentuk alat musik ini mirip seperti kendang , akan tetpi ukuran timpani lebih besar daripada drum.

  10. Triangle
    Seperti namanya alat musik ini berbentuk segitiga dan terbuat dari logam. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan dipukul sisi manapun. Alat musik ini sudah ada sejak abad ke 16 dan sampai sekarang masih digunakan.

  11. Tabla
    Tabla ini mempunyai bentuk yang mirip dengan kendang akan tetapi tabla ini berasal dari timur tengah. Tabla ini terbuat dari bahan kayu dan kulit kambing. 

  12. Conga
    Conga merupakan alat musik ritmis yang berasal dari Afrika dan cukup mendunia. Di afrika sana masyarakat menyebut alat musik ini dengan sebutan tumbora. Sederhananya Conga ini merupakan kendang versi modern-nya, karena Conga selalu berubah mengikuti perkembangan zaman dan banyak digunakan pada musik pop modern.

  13. Cajon.
    Cajon ini merupaka suatu alat musik yang bisanya digunakan pada musik akustik. Alat musik ini berbentuk kotak dan memiliki dua jenis bunyi. Alat musik ini sangat populer untuk mengisi musik akustik.

Alat Musik Melodis 

Alat musik melodis


Alat musik melodis adalah sebuah alat musik yang dapat menghasilkan nada. Alat musik ini biasanya menjadi nada utama dalam sebuah lagu. Perbedaan alat musik melodis dan harmonis adalah pada alat musik harmonis bisa memainkan 3 buah nada / lebih sekaligus, sementara itu alat musik melodis tidak bisa.

  1. Piano
    Piano merupakan alat musik melodis terpopuler dan banyak sekali digunakan hingga saat ini. Cara memainkan piano ini adalah dengan di pencet / tombol tangga nadanya.

  2. Pianika
    Pianika ini merupakan versi kecil dari piano. Akan tetapi cara memainkan pianika ini agak sedikit berbeda dari piano yaitu dengan meniup pada bagian lubang yang disediakan sambil menombol tangga nadanya.

  3. Harmonika
    Harmonika ini identik dengan musik country ataupun blues. Harmonika ini dimainkan dengan cara ditiup.

  4. Guitar
    Gitar ini menjadi salah satu instrumen musik modern yang paling populer dan banyak digunakan. Gitar ini dimainkan dengan cara dipetik. Dalam instrumen musik modern, gitar ini bisa mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai rhytm dan melodi.

  5. Violin / Biola
    Selain dipetik dan ditiup instrumen musik melodis juga ada yang cara memainkanya dengan menggesek pada bangian senarnya. Biola ini identik dengan musik theater.

  6. Seruling
    instrumen melodis ini dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik yang umumnya terbuat dari bambu ini memiliki lubang sejumlah enam sampai tujuh buah pada bagian batangnya (bambunya). Cara merubah notasi dari seruling ini adalah dengan membedakan tutupan lubang pada bambung.

  7. Akordion
    Akordion ini diciptakan pertama kali oleh seorang seniman asal Jerman bernama Christian Fried pada tahun 1822. Akordion ini menjadi salah satu alat musik khas dan ikonik di eropa dan biasa digunakan pada pesta perayaan di eropa.

  8. Sasando
    Sasando ini berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur dan dimainkan dengan cara dipetik, sama seperti kecapi ataupun gitar. Bahan utama yang digunakan adalah bambu yang dibentuk seperti tabung melengkung.Kemudian bagian tengahnya diberikan ganjalan yang melingkar dari atas ke bawah yang juga berfungsi sebagai “rumah” bagi senar. Sasando biasanya digunakan untuk mengiringi musik saat dilakukannya upacara adat di NTT sana.

  9. Kecapi
    Kecapi merupakan alat musik khas yang berasal dari Jawa Barat. Umumnya, kecapi ini digunakan sebagai pengiring lagu daerah yang bertempo pelan seperti lagu-lagu tradisional Sunda. Kecapi ini terbuat dari bahan kayu dan senar.

  10. Angklung

    Angklung ini merupakan alat musik khas indonesia yang terbuat dari bambu dan termasuk ke dalam instrumen musik tradisional. Cara memainkan angklung ini adalah dengan menggoyangkan atau menggetarkan nya dan akan mengeluarkan nada. Angklung ini disebut sebagai instrumen musik melodis karena dapat mengeluarkan nada / notasi yang berbeda beda.

Alat Musik Harmonis 

Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis adalah alat musik yang dapat memainkan harmoni sebuah lagu. Ciri jenis alat musik ini adalah bisa memainkan tiga buah nada atau lebih secara bersamaan. Perlu diketahui bahwa alat musik harmonis sudah pasti alat musik melodis , akan tetapi alat musik melodis belum tentu alat musik harmonis karena hanya beberapa alat musik melodis saja yang bisa memainkan sampai 3 nada secara bersamaan.

  1. Gamelan
    Gamelan ini merupakan salah satu contoh alat musik harmonis tradisional khas jawa. Gamelan ini dimainkan dengan cara dipukul pada tangga nadanya. Alat musik ini terbuat dari bahan utama logam.

  2. Bonang
    Bonang ini merupakan alat musik yang berasal dari Daerah Jawa, dan alat musik Bonang biasanya dimainkan pada pagelaran gamelan Jawa. Alat musik ini terbuat dari logam dan cara memainkannya adalah dengan dipukul. Bedanya dengan gamelan adalah alat musik ini berbentuk seperti mangkuk yang dibalik.

  3. Angklung
    Angklung ini juga termasuk dalam jenis alat musik harmonis karena bisa memainkan beberapa nada sekaligus. Angklung ini dimainkan dengan cara digoyangkan.

  4. Saxophone
    Saxophone adalah alat musik modern yang cara memainkannya dengan cara ditiup dan tekan pada tuts nya untuk menghasilkan suara sesuai nada yang di Inginkan. Alat musik ini biasanya terbuat dari kuningan yang berbentuk seperti corong melengkung kebawah. Biasanya alat musik ini sering dimainkan pada jenis musik jazz.

  5. Piano
    Pioano ini juga termasuk dalam jenis musik harmonis karena bisa memainkan beberapa nada sekaligus.

  6. Harpha
    Harpa ini adalah salah satu alat musik modern dan memiliki jumlah senar sebanyak 22-47 senar, tergantung ukuran harpa yang dimainkan. Harpa ini dimainkan dengan cara dipetik akan tetapi seniap senar mempunyai nada yang berbeda-beda.

  7. Sasando
    Alat musik Sasando ini berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT), Cara memainkan Sasando yaitu dengan cara memetik dua sampai tiga dawainya secara bersamaan. Jumlah senar Sasando ini bervariasi antara 28 hingga 58 senar. Sasando ini sama seperti harpa dimana setiap senar mengeluarkan nada yang berbeda.

  8. Kecapi
    Alat musik kecapi ini adalah alat musik harmonis yang berasal dari Daerah Jawa Barat, dan dimainkan dengan cara dipetik pada bagian dawainya. Kecapi memiliki 5 tangga nada yaitu bernama : Da, Mi, Na, Ti dan La.

  9. Biola
    Biola ini identik dengan musik orkestra, dan menjadi salah satu instrumen string yang cukup dominan. Dari segi fisik, biola memiliki empat sampai lima buat senar yang masing-masing memiliki nadanya masing-masing, yaitu G-D-A-E.

Berikut adalah artikel kami yang membahas tentang Contoh alat musik ritmis melodis dan harmonis beserta gambarnya.

Semoga Membantu

Belum ada Komentar untuk "Contoh alat musik ritmis melodis dan harmonis beserta gambarnya"

Posting Komentar

Mohon berkomentar dengan baik dan sopan.

- Admin berhak menghapus komentar yang tidak pantas.
(Mengandung kata kasar atau SARA).
- Dilarang menaruh Link di kolom komentar.
- Dilarang SPAM

Terimakasih sudah berkunjung.....
Mari Berdiskusi di Kolom Komentar......